Rabu, 08 Februari 2012

Proses Terbitnya Matahari


Matahari terbit adalah peristiwa dimana sisi teratas Matahari muncul di atas horizon di timur. Matahari terbit tidak sama dengan fajar, dimana langit mulai terang, beberapa waktu sebelum Matahari muncul, mengakhiri twilight (peristiwa cahaya Matahari terlihat mulai akhir senja hingga fajar).

Fenomena ini diterima oleh ilmuwan Barat dan mereka telah mengeluarkan berbagai teori. Bahkan tidak kurang juga dengan ilmuwan-ilmuwan, ilmuwan dan pemikir Islam yang memberi pandangan dan komentar. Tidak semua teori dari Barat adalah benar, maka marilah kita sama-sama kembali ke Al-Quran dan mempelajari bagaimana agaknya penjelasan Al-Quran.Untuk kebaikan bersama, baik kita "melihat" sepintas lalu akan teori-teori Barat ini sebelum kita mempelajari teori Al-Qur'an agar kita dapat membuat penelitian dan perbandingan.
Barat mengemukakan 3 teori yaitu:
1) Teori-1:"Retrograde motion" yaitu relatif peredaran bumi dengan planet lain seperti planet Mars.
2) Teori-2:tumbukan bumi dengan komet atau planet lain yang amat dahsyat sehingga menyebabkan bumi berubah putaran, dan
3) Teori-3:sebab kondisi bumi yang semakin dekat dengan matahari!Ke tiga-tiga teori ini dapat didownload dari kebanyakan web Internet (seperti www.Islamhadhari.net "Ilmuwan Barat akui matahari akan terbit dari barat" pada Agustus 18, 2008). Di bawah ini adalah sedikit ringkasan dari kutipan artikel di atas.

Fenomena ini ada di dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, katanya, Rasulullah saw telah bersabda (yang artinya).
"Tiga hal, ketika lahir semua, tidak akan memberi manfaat iman seseorang itu. Apakah yang tidak pernah beriman sebelum itu atau imannya tidak memberi kebaikan terhadap dirinya. (Yaitu) ketika matahari terbit dari arah barat, Dajjal dan Daabatul Ardh (sejenis makhluk dari dalam bumi). "(Riwayat Muslim)

Teori Al-Qur'an
Sekarang mari kita mempelajari teori Al-Qur'an "bagaimana matahari terbit dari barat". Saya memilih dan mempelajari 7 ayat (mungkin ada banyak lagi ayat-ayat lain) yang saya pikirkan bagaimana Al-Quran menjelaskan tentang fenomena ini yaitu satu ayat pada surat Al-Qamar (54:1) (berarti) "Saat (hari kiamat) semakin dekat, bulan pun merekah / terbelah "dan 6 ayat pada surat Al-Hijr (15:72-77) (berarti) (15:72)" Demi umur kamu, sesungguhnya mereka dalam kondisi mabuk dan kebingungan. (73) Maka mereka disambar suara teriakan yang keras ketika matahari terbit. (74) Lalu Kami jadikan (negeri) mereka yang diatas jadi ke bawah (tertonggeng), dan Kami timpakan atas mereka hujan batu dari tanah yang keras. (75) Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda-tanda agi orang-orang yang memperhatikan (mempelajari). (76) Dan sesungguhnya (negeri) itu masih benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (tidak musnah dan masih dilalui orang. (77) Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda untuk orang-orang yang beriman) ".

1 komentar:

Ruqya 19 Maret 2013 pukul 17.18  

Ayat-ayat tersebut tidak ada hubungan dengan terbitnya matahari...

Anda membahas tentang kiamat atau tentang terbitnya matahari?

Posting Komentar

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP